Senin, 01 Maret 2010

PENALARAN, PROPOSISI, DATA, DAN FAKTA

Penalaran adalah proses dari pemikiran yang berbeda dari penglihatan yang menghasilkan sejumlah gambaran dan pengertian. Berdasarkan penglihatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang akan  dapat menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui dan dimengerti. Hal inilah yang  biasa disebut menalar.atau secara sederhana penalaran dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan kesimpulan berdasarkan proposisi-proposisi yang mendahuluinya.
Proposi adalah ekspresi  pengakuan atau pengingkaran sesuatu terhadap sesuatu yang lain yang bernilai benar atau salah. 
Data merupakan sebuah fakta yang belum diolah menjadi sebuah informasi yang akurat. Data bisa didapat ketika kita melakukan suatu kegiatan seperti observasi dan pengamatan.
Fakta adalah suatu kebenaran ataupun suatu kenyataan dalam relita hidup yang mampu ditangkap oleh idera manusia.
Penalaran juga merupakan kegiatan berfikir yang sulit digambarkan (abstrak), untuk mewujudkannya diperlukan sebuah simbol. Simbol atau lambang yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa, sehingga wujud penalaran akan akan berupa argumen.
Kesimpulannya adalah pernyataan atau konsep adalah abstrak dengan simbol berupa kata, sedangkan untuk proposisi simbol yang digunakan adalah kalimat (kalimat berita) dan penalaran menggunakan simbol berupa argumen. Argumenlah yang dapat menentukan kebenaran konklusi dari premis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar