Minggu, 11 Oktober 2009

Karangan Argumentasi Sistem Informasi

    Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi di setiap waktunya, sedangkan informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan dari sebuah data yang diorganisasi dan berguna bagi orang yang menerimanya. Sangat terlihat jelas bahwa hubungan antara dua kata tersebut sangatlah erat .Data dan Informasi disajikan dengan berbagai macam bentuk antara lain seperti gambar teknis, maupun sebuah tulisan. Peranan data dan informasi dikehidupan manusia sangatlah penting, jika tidak ada yang namanya data apalagi informasi maka tidak mungkin ada peluang terciptanya suatu benda yang menggunakan tekhnologi .

    Data dan informasi tidak bisa dipisahkan, karena tidak akan ada informasi jika tidak tersedia sebuah data, coba bayangkan jika terdapat kendaraan tanpa adanya mesin, tentu benda tersebut tidak akan berfungsi kan ?? Begitu juga informasi tanpa data, tidak akan menjadi sesuatu yang penting bagi bidang apapun. Data diperoleh dari sebuah penelitian terhadap lingkungan sekitar, sesuai dengan lingkup lingkungan yang luas tentu datapun tidak hanya terdapat satu saja, akan terdapat banyak data yang tercipta. Kemudian data-data tersebut dikumpulkan menjadi satu lalu dilakukan pengolahan data hingga mengeluarkan hasil yang disebut informasi.

    Kita ambil contoh dalam dunia jurnalistik, kita melihat setiap harinya bahwa sekelompok wartawan menghampiri sumber berita yang sedang dibutuhkan bagi tulisan mereka. Tentu tidak hanya satu sumber saja kan yang dijadikan korban pertanyaan, akan terdapat banyak sumber yang akan dicerca segelintir percakapan bertanda tanya. Stetelah mereka kumpulkan menjadi satu dari semua data yang terkumpul, akan dilakukan penyaringan terhadap berita baku tersebut. Mereka akan memilih berita mana yang setidaknya bisa membangun sebuah tulisan yang berbobot dan bernilai tinggi. Setelah terpilih bermacam berita yang sudah rampung, langkah selanjutnya mereka akan menyatukan data - data tersebut menjadi sebuah rangkaian yang tersusun rapih.

    Peran data dan informasi juga tidak hanya terdapat pada bidang jurnalistik saja, kita ambil contoh lain yaitu pada bidang kesehatan. Jika terdapat seorang pasien yang datang pada seorang dokter, tentu sang pasien membawa banyak keluhan terhadap keadaan dirinya saat ini. Selanjutnya sang dokterpun akan memeriksa keadaan sang pasien. Keluhan-keluhan dari sang pasien bisa kita anggap sebagai data-data yang rancu, selanjutnya data - data tersebut dicari kepastiannya hingga sampai saat sang dokter mengambil keputusan tentang penyakit yang sedang diderita sang pasien. Keputusan tersebutlah yang kita sebut dengan informasi. Dari infomasi tersebut doktepun dapat mengambil keputusan juga dalam memberi resep obat yang akan dikonsumsi pasien untuk mencapai kesembuhan.

    Contoh lain dalam kehidupan lingkup mahasisiwa, banyak mahasiswa yang akan menulis sebuah tulisan ilmiah. Mereka tentu tidak menulis begitu saja pada lembar tugasnya tanpa melakukan apa yang kita sebut mencari data. Mereka harus melakukan pencarian dengan sebuah pertanyaan seputar tema penulisannya kepada orang – orang sekitar, hal seperti ini biasa kita dengar dengan sebutan kuesioner. Setelah terisi semua lembar pertanyaan kuesioner tersebut, langkah berikutnya sama seperti contoh dibidang lain terutama dibidang jurnalistik, yaitu pemilihan data yang akurat. Setelah terambil sebuah keputusan yang membangun, barulah para mahasiswa tersebut dapat menulis penulisan ilmiah yang akan mereka selesaikan.

    Hal lain jika kita lihat para petani yang hendak bercocok tanam, tentu mereka tidak asal saja dalam memberi pupuk sampai obat pada tanaman mereka. Pertama mereka mengumpulkan semua masukan tentang pupuk sampai obat – obat tanaman beserta kegunaannya. Merekapun mempelajari tentang pertumbuhan tanaman yang akan mereka tanam. Dengan begitu mereka tidak akan mendapatkan gagal panen yang disebabkan oleh kesalah pahaman informasi.

    Dari sekilas contoh – contoh yang telah dijabarkan kita dapat membayangkan betapa pentingnya data dan informasi bagi kehidupan kita sehari – hari, betapa erat keterkaitannya antara data dan informasi dalam kehidupan kita.  Informasi juga tidak akan dapat berjalan bila tanpa adanya penyulingan data - data baru agar berita – berita yang terdapat dialur kehidupan dapat berputar tanpa adanya berita yang basi. Bahkan manusia di era globalisasi kehgidupannya sudah tergantung pada informasi, tanpa adanya informasi dikehidupannya mungkin mereka tidak akan mengetahui tentang perkembangan yang telah terjadi.

1 komentar: